Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

6 Air Terjun di Sukabumi Terhits Dikunjungi

Publié le

6 Air Terjun di Sukabumi Terhits Dikunjungi

Selain aktivitas terbaik di Sukabumi, kota ini memiliki banyak tempat wisata alam untuk dikunjungi. Dengan banyaknya gunung dan sungai, air terjun termasuk tujuan terbaik.

Karena hujan selalu turun sepanjang tahun, sungai hampir selalu terisi air, sehingga selalu ada air terjun yang siap dikunjungi. Berikut daftar 6 air terjun di Sukabumi terhits dikunjungi untuk menghabiskan liburan Anda.

1. Curug Sawer

Penduduk setempat biasa menyebut air terjun sebagai curug yang mengacu pada air yang mengalir turun dari tebing dan membuat kolam di permukaan di bawahnya. Curug Sawer cukup populer di Sukabumi. Terletak di Kecamatan Kadudampit, Curug Sawer merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satu Taman Nasional di Jawa Barat.

Air mengalir dari ketinggian 35 meter. Tak jauh dari air terjun terdapat camping ground yang dilengkapi dengan pondok-pondok kayu yang sudah dibangun. Dari tempat parkir di Gerbang Situ Gunung Resort, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 1,2 kilometer melalui jembatan gantung untuk mencapai air terjun.

Tiket masuknya agak mahal yaitu Rp 50.000 untuk mengakses air terjun, jembatan gantung, welcome drink, dan tarian penyambutan khas Sunda. Anda juga bisa memilih paket lengkap termasuk akomodasi dan makanan tradisional dengan membayar Rp 100.000 hingga 125.000 per orang.

2. Curug Cikaso

Terletak di Kampung Ciniti, Kecamatan Surade, Curug Cikaso dikelilingi oleh pepohonan rimbun di sekujur aliran air dan kolamnya. Ada tiga aliran utama yang mengalir di kolam di bawah ini: Curug Aseupan, Curung Menong, dan Curug Aki.

Tinggi rata-rata sekitar 80 meter dengan lebar 100 meter. Itu adalah atraksi lokal favorit di daerah Ujung Genteng. Tapi kolamnya cukup dalam. Beberapa bagian kolam memiliki kedalaman 15 meter, sehingga pengunjung harus mengetahui area mana yang aman untuk berenang.

Untuk mencapai Curug Cikaso, Anda perlu menempuh jarak 70 kilometer dari Pelabuhan Ratu atau 110 kilometer dari kawasan utama Sukabumi. Jika Anda datang dari Jakarta lewat Bandung, sebaiknya mampir di Spot Kuliner di Bandung untuk mencicipi kuliner khas Sunda sebelum tiba di Sukabumi.

3. Air Terjun Bibijilan

Air terjun ini terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung. Ini adalah tujuan populer bagi penduduk setempat untuk menghabiskan musim liburan mereka. Air Terjun Bibijilan jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter.

Airnya yang jernih memantulkan langit dan mengubah air menjadi warna hijau yang indah. Arus air relatif kuat. Disarankan untuk tidak mengunjungi air terjun ini selama musim hujan lebat karena arus kuat yang tidak normal dan banjir. Jika Anda mengunjungi Air Terjun Bibjilan, Anda perlu membayar Rp 4.000 untuk parkir dan layanan keamanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

4. Air Terjun Cikurutug

Air terjun ini dinamakan Cikurutug karena airnya berasal dari sungai Cikurutug. Air terjun ini berada di Kecamatan Jampang Tengah. Dari jalan utama Anda perlu menempuh jarak sekitar 6 kilometer lebih untuk mencapai air terjun.

Air Terjun Cikurutug mengalir melewati areal terasering di tengah persawahan yang dikelilingi pepohonan. Penduduk setempat suka mandi di kolam di bawah air terjun. Karena bukan kawasan wisata yang populer, tidak ada biaya tambahan untuk masuk ke air terjun.

5. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Kawasan tersebut berada di dalam Geopark Nasional Ciletuh di Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai air terjun tersebut, Anda harus menuju Desa Ciemas. Perjalanan ke Ciemas dari Sukabumi membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan mobil atau motor.

Namun semakin dekat dengan lokasi, jalannya cukup sempit dan licin. Sebaiknya Anda memercayai pengemudi berpengalaman untuk mengemudikan kendaraan Anda. Air terjun itu sendiri mengalir turun dari ketinggian 60 meter, dan terbagi menjadi 3 bagian dari yang paling bawah hingga yang tertinggi.

Anda bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir dekat bagian bawah air terjun. Namun Anda harus mendaki setidaknya 10 menit untuk menikmati arus air terkuat yang mengalir dari tebing di titik tertingginya.

6. Curug Awang

Air terjun lain yang ada di Geopark Nasional Ciletuh, Sukabumi. Karena masih dalam satu kawasan, Curug Awang terletak tak jauh dari Curug Cikanteh. Namun tetap saja Anda membutuhkan waktu sekitar 50 hingga 60 menit dengan berjalan kaki karena jalannya sempit, licin, dan berkelok-kelok seperti jalan pegunungan pada umumnya.

Curug Awang sendiri bahkan menjadi ciri khas Geopark Ciletuh karena arusnya yang deras turun dari tepian tebing yang ekstra lebar. Pada musim hujan, permukaan pinggir sungai dipenuhi air yang mengguyur ke bawah, mengeluarkan suara-suara keras yang terdengar jelas dari jarak sekitar 1 kilometer.

Curug Awang adalah destinasi populer di kalangan penduduk lokal dan pengunjung domestik, termasuk dalam daftar 7 air terjun menarik di Jawa Barat yang pasti akan menyegarkan pikiran Anda.

Pegunungan di Sukabumi memang menyembunyikan banyak tempat wisata indah seperti 6 air terjun untuk menghabiskan liburan musim panas Anda. Untuk menikmati Sukabumi sebaiknya memiliki pengalaman trekking di gunung karena banyak tempat wisata alam yang lokasinya cukup jauh di dalam hutan. Trekking menuju air terjun di Sukabumi juga bisa menjadi sesi latihan Anda sebelum menantang pegunungan indah untuk didaki di Indonesia bagi pemula.

Commenter cet article