Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

10 Wisata Pantai di Sukabumi Terhits Dikunjungi

Publié le

10 Wisata Pantai di Sukabumi Terhits Dikunjungi

Sukabumi terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Barat, sekitar 3 jam dari Bogor atau Bandung dan 4 sampai 5 jam dari Jakarta. Kota ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang biasanya memiliki ombak kuat yang datang ke pantai.

Ada sebuah teluk bernama Pelabuhan Ratu dimana banyak pantai yang berjejer di garis pantainya. Pelabuhan Ratu banyak yang datang ke Sukabumi sebagai salah satu dari 7 pantai terbaik di Jawa Barat.

Namun sebenarnya Sukabumi memiliki banyak pantai indah selain Pelabuhan Ratu. Yuk cek 10 wisata pantai di Sukabumi terhits dikunjungi di bawah ini untuk memberi Anda lebih banyak alasan untuk mengunjungi Sukabumi.

1. Pantai Citepus

Letaknya di Jalan Cisolok, dekat kawasan Pelabuhan Ratu. Lokasinya tepat di sebelah jalan raya, sehingga banyak orang yang mampir untuk melihat indahnya sunset di sore hari atau untuk makan di warung makan. Di pantai Citepus, pengunjung diperbolehkan berenang di laut, namun dengan lebih memperhatikan keselamatan karena ombaknya yang cukup tinggi.

2. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak. Ini adalah perjalanan 3 sampai 4 jam dari Jakarta. Alih-alih pasir, Anda akan melihat banyak batu besar berserakan di pinggir pantai. Untuk memasuki pantai ini, Anda dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk lahan parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Ombaknya bagus untuk peselancar amatir, sehingga penduduk setempat menyebut pantai ini sebagai Bali-nya Sukabumi. Menurut rencana perjalanan dan akomodasi selancar Cimaja, Anda juga dapat menemukan kursus selancar untuk pemula yang disediakan oleh para peselancar lokal.

3. Pantai Karang Hawu

Banyak orang yang mengatakan bahwa Karang Hawu adalah pantai terindah di Sukabumi. Pasir putih, bebatuan, karang yang dikelilingi perbukitan sangat cocok untuk menghabiskan hari libur Anda.

Lokasinya berada di Jalan Bayan yang menghubungkan Sukabumi dengan Provinsi Banten. 1 jam ke arah barat dari Karang Hawu, Anda akan tiba di Banten dan berkesempatan menikmati pantai-pantai indah untuk dijelajahi di Banten.

4. Pantai Ujung Genteng

Ini adalah pantai terkenal lainnya di Jawa Barat yang harus Anda kunjungi. Dari Surade di Sukabumi, Anda masih perlu menempuh perjalanan selama 45 menit menuju Ujung Genteng. Pantai ini menawarkan pasir putih dan permukaan air yang jernih yang memungkinkan Anda untuk melihat makhluk laut kecil seperti bayi kepiting, udang, ikan kecil, dan bintang laut di bawah air jika Anda beruntung.

Ada toko untuk aktivitas snorkeling di dekat resor. Ujung Genteng mungkin bukan salah satu tempat snorkeling terbaik di Indonesia, namun tetap menarik untuk dikunjungi bila Anda datang ke Sukabumi.

5. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya terletak sekitar 6 kilometer dari Surade. Pantai ini awalnya merupakan tempat peristirahatan para nelayan di Sukabumi. Banyak nelayan datang dan pergi membawa hasil tangkapan ke pasar ikan di Pelabuhan Ratu dan Minajaya adalah tempat mereka menghabiskan sisa hari sebelum kembali ke laut.

Ada sebuah desa nelayan tidak jauh dari pantai. Warga biasanya sibuk mencari rumput laut dan makanan laut lainnya yang melimpah di Pantai Minajaya.

6. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi atau Karang Bolong terletak di Desa Sukatani, sekitar 30 kilometer dari Taman Nasional Ujung Kulon. Sebaiknya Anda datang ke pantai ini pada pagi hari sebelum air pasang datang.

Cicaladi memiliki karang besar dan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Pemandangannya indah, tetapi dilarang berenang karena ombaknya tinggi. Gelombang tertinggi biasanya datang pada siang hingga sore hari yang bisa mencapai 15 meter di atas permukaan.

7. Pantai Cibuaya

Terletak di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Pantai Cibuaya merupakan destinasi populer di kalangan wisatawan lokal. Pantai ini mudah dijangkau dari Sukabumi. Surutnya relatif rendah dan lerengnya landai sehingga banyak orang datang ke sini bersama keluarga. Berenang diperbolehkan selama ombak dan angin tenang.

8. Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga atau Batu Naga adalah tujuan populer di dalam Geopark Nasional Ciletuh, salah satu geopark nasional yang menakjubkan di Indonesia. Nama itu berasal dari sebuah bukit batu yang terbentuk dari sedimentasi sejak jutaan tahun lalu.

Banyak ilmuwan seperti iMuslim datang ke Batu Naga untuk melakukan penelitian geologi dan arkeologi. Namun bagi pengunjung umum, daya tarik utama pantai ini terletak pada karangnya yang besar yang tersebar di pinggir pantai.

9. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang berada di Desa Pasir Biru di Cisolok, Sukabumi. Dibutuhkan sekitar 40 menit dari Pelabuhan Ratu untuk mencapai Desa Cikembang. Ombaknya agak tinggi tapi cukup bersahabat.

Dengan lerengnya yang landai, Cikembang merupakan salah satu tempat untuk berselancar. Banyak pengunjung domestik yang datang ke pantai Cikembang untuk berselancar dan membeli makanan laut segar dari penduduk setempat di desa nelayan tak jauh dari pantai.

10. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari adalah pantai yang paling mudah dijangkau. Letaknya tepat di sebelah Terminal Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap bagi pengunjungnya. Beberapa permainan air disediakan, seperti banana boat, kayak, dan boggie board. Karang Sari adalah pilihan terbaik jika Anda ingin mengunjungi pantai bersama keluarga.

Selain 10 pantai di atas, masih banyak lagi pantai di Sukabumi yang layak untuk dijelajahi, terutama pantai tersembunyi di balik lanskap pegunungan Sukabumi yang belum terkenal. Saat mengunjungi pantai-pantai di Sukabumi, Anda juga bisa menjelajahi Taman Nasional Ciletuh untuk menikmati wisata alam kota yang lengkap.

Commenter cet article