Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

6 Tempat Wisata Terhits di Banjarnegara

Publié le

6 Tempat Wisata Terhits di Banjarnegara

Selain Grobogan, Banjarnegara merupakan kabupaten lain di Jawa Tengah yang mungkin belum banyak Anda dengar. Meski kalah populer, Banjarnegara adalah rumah bagi banyak tempat wisata menarik yang selalu ingin Anda kunjungi dalam daftar liburan Anda.

Dari wisata alam yang luar biasa hingga situs budaya dan sejarah yang indah, Banjarnegara memiliki semuanya. Sebagai cara untuk memandu Anda liburan menarik di Banjarnegara, berikut ini daftar 6 tempat wisata terhits di Banjarnegara yang bisa Anda coba kunjungi.

1. Air Terjun Pitu

Terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Air Terjun Pitu menawarkan pemandangan menakjubkan yang bisa dibilang sebagai salah satu air terjun paling spektakuler di Indonesia. Itu adalah air terjun tujuh tingkat yang indah. Nama Pitu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang artinya tujuh yang mencerminkan penampakan air terjun itu sendiri.

Untuk sampai di setiap jenjang air terjun, Anda harus melalui tangga yang telah disediakan. Air Terjun Pitu terletak jauh dari hiruk pikuk kota, di dalam desa kecil di Banjarnegara. Artinya, Anda perlu melakukan beberapa upaya untuk tiba di situs tersebut.

Namun keindahan yang ditawarkan oleh air terjun tersebut dapat menghapus semua kelelahan Anda karena air terjun tersebut dikelilingi oleh pemandangan hijau subur yang menyegarkan. Anda bisa bermain di air terjun atau bahkan mandi di aliran air yang bersih dan menyegarkan.

2. Candi Dieng

Mengunjungi Candi Dieng adalah salah satu hal menarik untuk dilakukan di Dataran Tinggi Dieng. Pura ini merupakan salah satu objek wisata di Dataran Tinggi Dieng yang sangat jarang dilewatkan oleh para wisatawan yang datang.

Berbeda dengan yang ada di Wisata Bandung, Candi Dieng adalah kompleks candi yang terdiri dari 9 candi individu. Mereka adalah Candi Arjuna, Gatotkaca, Bima, Semar, Sembadra, Styaki, Srikandi, Dwarawati, dan Gangsiran Aswatama. Namun hanya sebagian saja yang masih berdiri kokoh. Nama candi sendiri berasal dari tokoh pewayangan tradisional Indonesia.

Candi Arjuna dan Gatotkaca adalah yang masih berdiri kokoh, sehingga Anda bisa mengamati keunikan arsitekturnya. Hanya dengan Rp10.000, Anda sudah bisa menikmati atraksi menarik dari situs ini. Plus, kamu juga akan mendapatkan tiket gratis untuk masuk ke Kawah Sikidang yang menjadi objek wisata berikutnya di daftar kami.

3. Kawah Sikidang

Di sinilah tiket gratis Anda menuntun Anda; Kawah Sikidang. Berada di area yang sama dengan Pura Dieng, Kawah Sikidang menawarkan pemandangan kawah yang indah. Itu salah satu kawah terindah di Indonesia.

Anda bisa menyaksikan fenomena geologi air kawah yang menyembur dari perut bumi dalam jarak yang dekat, namun tentunya tidak terlalu dekat. Selain pemandangan yang indah, Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau di sekitar kawah dengan menyewa kuda, sepeda gunung, sepeda trail, atau ATV.

Anda juga bisa membeli oleh-oleh yang hanya bisa didapatkan di kawasan Kawah Dieng. Menikmati pemandangan alam setelah mengunjungi situs budaya Candi Dieng akan menjadi wisata yang layak di Banjarnegara.

4. Danau Dringo

Selanjutnya, kami memiliki danau Dringo. Danau ini merupakan danau tertinggi dan terindah di Dataran Tinggi Dieng, kawasan Banjarnegara. Jika sudah familiar dengan keindahan ranukumbolo di jawa timur maka mungkin bisa membayangkan betapa indahnya telaga ini karena sering disebut-sebut sebagai ranukumbolo dari jawa tengah.

Lokasinya di Pekasiran Batur, Banjarnegara. Sama seperti atraksi indah dan menarik lainnya, Anda perlu melakukan upaya untuk bisa sampai di situs ini. Anda perlu trek selama sekitar 20 menit melewati jalan berbatu tetapi jangan khawatir karena semuanya pada akhirnya akan terbayar.

Keindahan danau Dringo mengundang banyak wisatawan untuk sekedar berkemah di sana dan bermalam di tepi danau, yang mungkin termasuk diri Anda sendiri. Ini pasti akan menjadi malam yang menakjubkan di mana Anda bisa berbaring di ruang terbuka, menatap langit berbintang dengan danau yang indah dan menenangkan di depan mata Anda. Anda bisa menganggapnya sebagai salah satu situs pengamatan bintang terbaik di Indonesia.

5. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Menuju Kutabanjarnegara, Anda akan menemukan Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas. Ini adalah atraksi edukatif yang paling bisa dinikmati bersama anggota keluarga Anda, terutama anak-anak. Ada banyak hewan yang diawetkan di taman, yang akan memberi Anda atau anak-anak pengalaman yang luar biasa.

Mirip dengan taman rekreasi satwa liar lainnya, Anda bisa mendapatkan pengalaman baru berinteraksi dengan hewan dengan memberi mereka makan. Anda juga bisa menyaksikan atraksi binatang di panggung terbuka. Ditambah lagi fasilitas lainnya seperti kolam renang dan wahana rekreasi.

6. Sungai Serayu

Mendambakan lebih banyak petualangan? Berikut atraksi berikutnya yang bisa Anda kunjungi; Sungai Serayu. Berlokasi di Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, sungai Serayu menjadi spot favorit para pecinta arung jeram yang suka menantang diri sendiri dengan aliran sungai yang gila sekaligus asyik.

Terletak di Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, sungai Serayu juga dikelilingi oleh tanaman hijau asri yang pasti memanjakan mata. Penduduk desa selalu senang menyambut Anda di desa mereka dan membantu Anda mendapatkan pengalaman terbaik di sungai Serayu. Jadi, pastikan untuk berkunjung!

Nah, itulah 6 tempat wisata terhits di Banjarnegara. Jadi, mana yang ingin kamu kunjungi dulu?

Commenter cet article